Jurnal Ilmiah

Posted on Rabu, 30 Oktober 2013 by Riza Rahmah Angelia in
Abstrak
            Statistik kunjungan pasien perhari tidak bisa diabaikan begitu saja, hal ini pula yang menjadi sangat penting bagi suatu instansi rumah sakit untuk melakukan pendataan demi peningkatan fasilitas yang lebih membuat banyak pasien nyaman. Penghitungan statistik ini biasa dilakukan oleh suatu instansi atau lembaga dengan menggunakan metode Microsoft Excel yang sangat sederhana atau hanya sampai kepada penghitungan menggunakan metode Fuzzy Time Series. Namun, perhitungan tersebut dinyatakan kurang akurat setelah mencoba penelitian gabungan antara metode Fuzzy Time Series dan Artifical Neural Network sebagai peramalan yaitu menggunakan Fuzzy Neural Network. Ini telah dicoba pada Rumah Sakit Onkologi Surabaya.

I.                   LATAR BELAKANG
Kenaikan tajam jumlah pasien rawat inap maupun rawat jalan yang tidak terkendali menambah kendala rumah sakit. Menilai rumah sakit kekurangan fasilitas, tenaga kerja dan lain sebagainya. Oleh karena itu, persiapan maupun perencanaan sangat dibutuhkan dalam setiap progress perusahaan dan lembaga. Seperti rumah sakit onkologi Surabaya yang harus memiliki prinsip plus dalam setiap perencanaannya. Rumah sakit yang biasa disebut RSOS ini menyiapkan segala peningkatan layanan, perbaikan manajemen, pengelolaan sumber daya manusia baik dalam mengatasi pasien ataupun para tenaga kerjanya, pengelolaan material dan logistik dan keuangan di rumah sakit.
Hal tersebut menjadi kewaspadaan bilamana kenaikan tajam jumlah pasien, sehingga mereka selalu antipatif dengan melihat kunjungan pasien yang terdata dalam microsoft excel di periode sebelumnya. Seiring perkembangan zaman, lama kelamaan metode ini dinilai kurang akurat dan beralih kepada Fuzzy time series. Untuk meningkatkan penghitungan lebih efektif dan lebih efisien, Fuzzy time series dikembangkan dengan penambahan soft computing dimana pikiran manusia turut campur dalam sebuah program pengolah data.

II.                TINJAUAN PUSTAKA
III.             METODOLOGI
-          Rumah Sakit Onkologi Surabaya
RSOS ini adalah rumah sakit kanker yang ada di Surabaya. Dalam statistik pengunjung pasien disini adalah para penderita kanker payudara yang paling banyak dan hampir sebagian besar pendapatan berasal dari rawat jalan. Diagnosa dokter onkolo

-          Peramalan
Proses untuk memperkirakan situasi yang akan datang dengan harapan mendekati data aktual, dengan mempelajari data historis untuk prepare yang lebih baik. Sehingga disimpulkan peramalan sangat penting dalam segala bentuk perencanaan organisasi dan peramalan juga sangat dibutuhkan dalam pembuat keputusan manajemen.

-          Fuzzy Neural Network
Telah banyak diaplikasikan untuk estimasi harga saham, kurs mata uang, beban listrik, dan lainnya. Fuzzy Neural Network diimplementasikan oleh fuzzy time series dengan pendekatan neural network. Yang mana neural itu asal kata dari neuron yaitu jaringan saraf otak.

IV.             Hasil dan Pembahasan
V.                Simpulan dan Saran

VI.             Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar