Kuesioner

Posted on Rabu, 30 Oktober 2013 by Riza Rahmah Angelia in
Kuesioner Teknik Belajar
Keterampilan Interpersonal
Gasal 2013 - 2014
Jawablah seluruh pertanyaan di atas dengan mencentang (√) salah satu kolom ‘Ya’ atau ‘Tidak’ di bagian kanan tabel sesuai dengan pertanyaan yang relevan.

Perkuliahan
Ya
Tidak
  1. Apakah pernah terpikirkan di benak Anda bahwa mata kuliah yang diambil akan memberikan manfaat bagi Anda?
  2. Secara umum, apakah Anda menemukan subjek yang diambil menyenangkan dan membangkitkan semangat?
  3. Jika Anda memiliki masalah di subjek tertentu, apakah Anda akan mendiskusikannya dengan tutor?
  4. Apakah Anda sering tidak mengikuti perkuliahan?
  5. Apakah Anda sering datang telat di kelas?
  6. Apakah Anda merasa bahwa tugas yang diberikan berlebihan?
  7. Apakah Anda mengumpulkan tugas    tepat waktu?
  8. Apakah Anda memiliki sistem kerja untuk mengerjakan tugas yang diberikan?
  9. Apakah Anda memiliki sistem kerja untuk menyimpan catatan, handouts dan semacamnya untuk subjek yang serupa bersama-sama?
  10. Apakah Anda mencatat dalam bentuk outline dari penjelasan dosen, diskusi, teks penting atau semacamnya?
  11. Apakah Anda berkontribusi dalam diskusi kelas?
  12. Apakah Anda memiliki sistem pendaftaran untuk menyimpan track buku yang Anda baca?



Belajar Mandiri
Ya
Tidak
  1. Apakah Anda memiliki ruangan yang dapat digunakan sebagai ruang belajar pribadi?
  2. Apakah ruang belajar pribadi Anda :
a.      Cukup hangat?
b.      Pencahayaan cukup?
c.       (Jika jawaban Anda ‘tidak’ untuk pertanyaan 1, kosongkan jawaban untuk nomor ini)
  1. Apakah Anda memiliki akses ke perpustakaan atau ruangan semacamnya yang dapat Anda gunakan untuk bekerja di waktu senggang Anda?
  2. Apakah Anda tahu waktu buka dan tutup dari perpustakaan kampus Anda?
  3. Apakah Anda tahu bagaimana perpustakaan diorganisasikan?
  4. Apakah Anda tahu berapa banyak waktu per jam yang Anda habiskan :
a.      Di dalam kelas?
b.      Untuk belajar mandiri?
c.       Untuk rekreasi?
  1. Apakah Anda sudah merencanakan banyaknya waktu per minggu yang akan Anda habiskan untuk :
a.      Menulis esai?
b.      Revisi?
c.       Jenis belajar mandiri yang lain (contoh : membaca)?




Pilihlah a, b, atau c yang paling sesuai dengan kondisi anda.
  1. Ketika saya mengoperasikan peralatan yang baru, saya biasanya lebih suka:
a.      Membaca petunjuknya terlebih dahulu
b.      Mendengarkan penjelasan dari orang lain yang sudah pernah mempergunakan peralatan tersebut
c.       Langsung mencobanya

  1. Ketika saya membutuhkan petunjuk arah pada saat bepergian, saya biasanya:
a.      Melihat peta
b.      Bertanya pada orang
c.       Menentukan berdasarkan insting atau kompas

  1. Ketika saya sedang mencoba resep masakan baru, saya lebih suka:
a.      Mengikuti apa yang tertulis di resep
b.      Menelpon teman yang pandai memasak untuk minta penjelasan
c.       Mengikuti insting, mencoba-coba sambil memasak

  1. Ketika saya sedang mengajari seseorang untuk melakukan sesuatu, saya biasanya:
a.      Menuliskan langkah-langkahnya untuk diikuti
b.      Menjelaskan secara verbal
c.       Mendemonstrasikan caranya dan menyuruh mereka mencoba

  1. Saya cenderung mengatakan:
a.      Lihatlah bagaimana cara saya mengerjakannya
b.      Dengarkanlah penjelasan saya
c.       Cobalah sendiri

  1. Pada waktu senggang, saya paling suka:
a.      Pergi ke tempat-tempat saya bisa melihat-lihat, misalnya galeri, museum, atau mal
b.      Mendengarkan musik dan mengobrol dengan teman
c.       Berolahraga, atau melakukan kerajinan tangan


  1. Ketika saya sedang membeli pakaian, saya biasanya:
a.      Membayangkan dulu, bagaimana kira-kira bila saya pakai
b.      Bertanya-tanya pada staf penjualan di took
c.       Segera mencoba pakaian tersebut

  1. Ketika saya sedang merencanakan liburan, saya biasanya:
a.      Membaca banyak brosur
b.      Mendengarkan rekomendasi teman
c.       Membayangkan, kira-kira bagaimana seandainya saya di sana, apa yang akan saya lakukan

  1. Seandainya saya akan membeli mobil baru, saya akan:
a.      Membaca review di koran dan majalah
b.      Mendiskusikan kebutuhan saya dengan teman-teman
c.       Melakukan test-drive pada berbagai jenis mobil

  1. Ketika saya sedang mempelajari keterampilan baru, saya akan lebih nyaman bila:
a.      Melihat apa yang dilakukan oleh guru
b.      Berdiskusi dengan guru mengenai langkah-langkah pengerjaannya
c.       Mencoba sendiri dan belajar sambil mencoba

  1. Ketika saya sedang memilih makanan dari menu, saya biasanya:
a.      Membayangkan bagaimana penampilan makanan tersebut
b.      Membicarakan pilihan yang ada dengan teman makan
c.       Membayangkan bagaimana kira-kira rasa makanan tersebut

  1. Ketika saya sedang mendengarkan suatu band musik, saya biasanya:
a.      Melihat anggota-anggota band itu dan orang-orang lain yang juga menonton
b.      Mendengarkan liriknya dan iramanya
c.       Bergoyang mengikuti irama J

  1. Ketika saya sedang berkonsentrasi, saya paling sering:
a.      Berfokus pada kata-kata atau diagram yang ada di hadapan saya
b.      Mendiskusikan masalah dan pemecahannya
c.       Berpikir sambil berjalan kesana-kemari, memainkan pensil dan pena

  1. Pertimbangan terpenting saya pada saat memilih perabotan untuk rumah/kamar adalah:
a.      Warna dan penampilannya
b.      Deskripsi dan penjelasan yang diberikan petugas penjualan
c.       Tekstur dan bagaimana rasanya menyentuh furniture tersebut



  1. Ingatan pertama saya adalah mengenai:
a.      Melihat sesuatu
b.      Sesuatu yang dikatakan pada saya
c.       Melakukan sesuatu

  1. Ketika saya sedang gelisah, saya akan:
a.      Membayangkan skenario terburuk
b.      Berdialog dengan diri sendiri mengenai hal-hal yang mengkhawatirkan saya
c.       Tidak bisa diam, bergerak kesana-kemari

  1. Saya paling merasa dapat bersimpati atau terhubung dengan orang lain karena:
a.      Penampilannya
b.      Apa yang mereka katakana pada saya
c.       Bagaimana perasaan saya

  1. Ketika saya belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, saya biasanya:
a.      Menulis banyak catatan dan diagram
b.      Membaca dengan bersuara, baik sendiri maupun dengan orang lain
c.       Membayangkan gerakannya atau bagaimana cara pengerjaannya

  1. Ketika saya sedang menjelaskan sesuatu kepada seseorang, saya biasanya:
a.      Menunjukkan pada orang itu bagaimana maksud saya
b.      Memaparkan secara lisan dengan berbagai cara sehingga orang itu paham
c.       Mendorong untuk mencoba dan menjelaskan sambil orang itu mencoba

  1. Saya benar-benar suka:
a.      Menonton film, fotografi, melihat karya seni
b.      Mendengarkan musik, radio, atau bercakap-cakap dengan teman
c.       Mengambil bagian dalam aktivitas olahraga, menari, ngoprek

  1. Sebagian besar dari waktu senggang saya habiskan untuk:
a.      Menonton televise
b.      Mengobrol dengan teman
c.       Melakukan aktivitas fisik, membuat prakarya, atau mencoba hal-hal baru

  1. Ketika saya pertama kali mengontak seseorang, saya biasanya:
a.      Membuat janji untuk bertemu langsung
b.      Berbicara melalui telepon
c.       Mencoba untuk dapat bersama melakukan suatu aktivitas, misalnya berolahraga bersama atau makan bersama




  1. Hal pertama yang akan saya ingat dari seseorang adalah:
a.      Penampilan dan cara berpakaiannya
b.      Suara dan cara berbicaranya
c.       Gerak-geriknya; caranya berdiri, berjalan, dan sebagainya

  1. Ketika saya marah, saya biasanya:
a.      Mudah terkenang-kenang mengenai hal yang membuat saya marah tersebut
b.      Mengeraskan suara, dan mengatakan bagaimana perasaan saya
c.       Membanting pintu, ingin memukul sesuatu, menunjukkan kemarahan saya secara fisik

  1. Saya paling mudah mengingat:
a.      Wajah
b.      Nama
c.       Hal-hal yang sudah saya lakukan

  1. Saya pikir, kita bisa mengetahui bahwa seseorang berbohong apabila:
a.      Orang tersebut menghindari memandang langsung ke kita
b.      Ada perubahan pada suara atau nada suaranya
c.       Ada sesuatu yang terasa aneh dari perilaku orang tersebut

  1. Ketika saya berjumpa dengan teman lama:
a.      Saya akan mengatakan, “Senang bisa melihat kamu lagi!”
b.      Saya akan mengatakan, “Senang bisa mendengar kabarmu lagi!”
c.       Saya akan memeluk atau menyalami teman tersebut

  1. Saya paling mudah mengingat detail dengan cara:
a.      Menulis catatan atau menge-print
b.      Membaca keras-keras atau mengulang-ulang detail tersebut dalam hati
c.       Melakukan dan mempraktekkan aktivitas yang berkaitan atau membayangkan bagaimana cara pengerjaannya

  1. Jika saya harus mengajukan komplain mengenai kerusakan suatu barang, saya lebih suka:
a.      Menulis surat
b.      Menghubungi nomor keluhan pelanggan
c.       Mengembalikan barang tersebut ke took

  1. Saya cenderung mengatakan:
a.      Saya dapat melihat apa yang anda maksudkan
b.      Saya dapat mendengar apa yang anda katakana

c.       Saya paham bagaimana perasaan anda

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus za :)

Posting Komentar